Senin, 23 November 2015

Sukses Jadi Teknisi AC Avanza sendiri part I

Hari ini saya iseng-iseng otak atik AC mobil saya sendiri. Begini ceritanya sob, kemarin khan saya baru beli mobil avanza tahun 2010 tipe G, saat itu saya emang gak ngecek sama sekali kondisi mobil, bahkan ac nya juga tidak saya cek. Pertama kali lihat ini mobil saya yakin kalo mobil ini masih bagus. Soalnya dilihat dari pemakai nya, beliau ( yang punya mobil ini sebelumnya ) sepertinya jarang memakai mobil. Sehingga kesan pertama mobil ini sangatlah kumuh sekali, banyak debu yang nempel. Saya sentuh semua bodi mobil masih asli semua tanpa dempul. Catnya juga masih ori semua. Begitu saya buka interior.. masih wow semua.. indikator spidometer pada kilometer masih menunjukkan angka 80rb an.. Itu menandakan kalau mobil ini emang jarang sekali dipakai. Panduan saya dari beberapa narasumber, jumlah kilometer standar untuk mobil pemakaian 1 tahun sekitar 20-25rb kilometer. Kalau dibawah itu berarti mobil masih dalam keadaan sangat bagus. Untuk tahun 2010 ini, berarti kalau dihitung semestinya pemakaian normal sekitar 100-125rb kilometer. Ini menunjukkan bahwa mobil yang saya beli ini tergolong istimewa, misal kilometer mobil ini sangat tinggi, bisa dipastikan mobil ini bekas rental dan yang jelas kondisi mesin pasti payah. Tidak hanya mengacu pada kondisi kilometer saja tetapi saya juga melihat tahun pembuatan ban. Untuk ban standar nasional, disitu ada tertera tahun pembuatan. Dengan kondisi tahun pembuatan tersebut saya bisa melihat keaslian dari jumlah kilometer. Untuk tips lainnya dalam membeli mobil akan saya bahas dilain kesempatan ( Klik Disini ).

Langsung menuju pada pembenahan AC ya sob.. begitu mobil ini saya pakai, saya merasa ac nya kok kurang dingin. Ada niat buat pergi ke kota jombang buat benerin ni AC gan. ( Jauh amat ya... padahal rmah saya di kecamatan Lamongan tapi kok ke Jombang, hehehe.. ). Tahap pertama , saya menganalisa tentang keadaan kompresor AC tersebut. Saya cek ternyata kompresor berjalan normal, bahkan saya cek juga kondisi pipa ac juga masih bisa mengembun dingin banget. Ini menandakan bahwa kondisi kompresor sangatlah baik. Kemudian setelah saya cek ini tadi, saya menyimpulkan bahwa kondisi ac yang kurang dingin mungkin disebabkan adanya kotoran yang nempel di filter ac. Kemudian langsung deh saya otak atik filter ac. dan alhasil , setelah filter ac saya bersihkan manual ternyata ac mobil saya langsung adem serasa di kutub utara. Untuk cara membersihkan Filter AC perlu membongkar dashboard mobil. Petunjuk proses nya akan saya jelaskan pada postingan saya Sukses Jadi Teknisi AC Avanza part II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar